Kamis, 05 November 2015

Motor Semakin Banyak di Jalan Raya (2-habis)

Dalam bagian pertama artikel Sewa Rental Mobil Surabaya sebelumnya telah dibahas tentang faktor-faktor yang menyebabkan tingginya populasi sepeda motor di negara kita dan beberapa negara lain di kawasan Asia, jika dibandingkan dengan skala global (dunia) di beberapa benua. Apalagi populasi sepeda motor di wilayah Asia ini sangat mendominasi, beberapa kali lipat dari kendaraan lain seperti mobil. Dan tingkat kepemilikan sepeda motor tertinggi berada di Vietnam dengan jumlah 745 motor per 1000 orang.

Masih di keterangan lembar PDF yang dapat diunduh pada tautan dalam artikel bagian pertama, di dunia internasional telah diberlakukan jalur khusus untuk sepeda motor. Di negeri tetangga Malaysia dimulai sejak tahun 1980 dan diklaim telah mengurangi sedikitnya 39% kejadian kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dan tingkat fatalitas hingga 83%. Sementara di negeri sendiri, berbagai langkah masih dicoba mengatasi kepadatan (dan kemacetan jalan raya) demi meraih kemungkinan keberhasilan.

Pemudik yang akan menyeberang di pelabuhan Merak. image: commons.wikimedia.org/coris
Di kota markas Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mulai ada jalur khusus untuk sepeda motor yaitu di bagian kiri jalan sejak beberapa tahun lalu. Sayangnya hal ini kurang direspons secara baik oleh masyarakat yang seringkali masih didapati menggunakan jalur tengah atau kanan yang lebih diperuntukkan bagi pengendara mobil. Meski sepeda motor telah disarankan menggunakan jalur kiri, tapi ternyata jalur kiri ini juga digunakan oleh sepeda pancal juga yang relatif lebih lambat dalam hal kecepatan. Imbasnya, pengendara sepeda pancal ini pun kurang bersaing dan merasa terancam ketika berkendara di jalan karena ulah pengendara motor, termasuk moge yang terkadang suka berkonvoi bareng/touring.

Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya sendiri merasa perilaku pesepeda motor demikian adanya karena tak adanya pedoman bagi umumnya pengendara di jalan raya. Yang banyak terjadi adalah pengendara motor merasa sudah cukup pintar berkemudi saat telah berhasil mengendarai sepeda motor, sehingga tak perlu meng-upgrade keahliannya lebih lanjut. Jika Rental Mobil Innova di Surabaya pernah mendapati berita yang menyebutkan seseorang di negara maju sulit untuk mendapatkan SIM, maka tidak demikian halnya di negeri ini. Apalagi, setelah mempunyai SIM-pun pemilik/pengendara motor yang melanglang jalan raya cenderung mengabaikan bagaimana cara memparkir, menyalip dan lain-lain.

Sewa Mobil Avanza di Surabaya mengira banyak pemotor yang menggunakan jalur kanan (dalam jalan lebar/protokol) ini karena ingin berbelok atau balik arah menuju ke lajur jalan lain, terutama di beberapa lajur jalan yang banyak mempunyai persimpangan dengan jalan lain. Tetapi kemungkinannya juga bisa tidak bila kita melihat pesepeda motor tersebut menggunakan jalur kanan di sepanjang jalannya. Khusus di jembatan Suramadu dekat dengan kantor Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya yang merupakan jembatan tol, pemisahan lajur khusus motor ini cukup jelas dengan pagar pembatas yang tinggi disebelah jalur khusus mobil. Lagipula jalur tersebut tidak cukup lebar untuk menyalip dengan berkecepatan tinggi. Jadi keteraturan di sana lebih bisa terlihat dibandingkan dengan jalan raya biasa.

Di kota besar seperti Jakarta, pelarangan untuk penggunaan motor di beberapa ruas jalan sudah mulai diberlakukan dengan berusaha memperbaiki mutu layanan dan varian kendaraan publik. Di Surabaya sendiri belum mengarah kesana, tetapi ke depannya mungkin saja terjadi; melihat adanya aturan yang diberlakukan terhadap becak yang dilarang melintas di beberapa ruas jalan tertentu. Karena di satu sisi... Kota Pahlawan ini tak sangat padat seperti Jakarta, dan solusi untuk ke depannya mungkin masih banyak belajar dari kebijakan yang diterapkan oleh pemkot lain seperti halnya Jakarta, meski di Surabaya sendiri telah ada perencanaan penggunaan kendaraan transportasi publik lain yang memangkas kemacetan yang terjadi. Apapun langkah yang diambil, semoga segala kebijakan akan bernilai positif untuk kepentingan yang lebih besar nantinya. Mungkin demikian harapan Sewa Mobil Elf di Surabaya dan kita semua.