Selasa, 03 November 2015

Motor Semakin Banyak di Jalan Raya (1)

Paparan berita ini cukup membingungkan untuk dicerna saat Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya menemukannya saat sedang berselancar online: http://www.otosia.com/berita/cina-20-juta-motor-indonesia-urutan-ke-3-di-dunia.html; padahal aslinya kendaraan di Indonesia mencapai ratusan juta unit seperti yang tercantum pada artikel berita: http://otomotif.kompas.com/read/2014/04/15/1541211/Populasi.Kendaraan.Bermotor.di.Indonesia.Tembus.104.2.Juta.Unit.
Populasi kendaraan bermotor terbanyak di Indonesia disumbang oleh sepeda motor yang mencapai 86,253 juta unit pada tahun 2013 sesuai paparan berita Kompas.com tersebut.

Sepeda motor pertama di dunia. Image: Joachim Köhler/commons wikimedia.org
By courtesy of "Deutsches Zweirad- und NSU-Museum".

Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya mengutip dari berkas PDF yang diolah dan disampaikan pada event AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) dengan tema “Teknologi, Keselamatan dan Sikap”—Jakarta, 29 Oktober 2014—tentang adanya beberapa faktor yang membuat meningkatnya populasi sepeda motor tersebut, diantaranya adalah:

1. Sepeda Motor merupakan sarana transportasi yang murah dan terjangkau.
2. Penyediaan angkutan umum massal yang terlambat di kota-kota besar Indonesia.
3. Banyaknya dealer dan lembaga pembiayaan yang memberikan kemudahan kredit kepemilikan sepeda motor.

Untuk membaca selengkapnya dari paparan berkas tersebut Anda dapat mengakses atau mengunduhnya pada tautan referensi Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya ini: http://www.aisi.or.id/fileadmin/user_upload/Download/01.BambangSusantono.pdf.

Hanya, saat Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya dan kita semua mencermati lebih dalam, kenaikan populasi sepeda motor tidak hanya disebabkan oleh ketiga hal tersebut, termasuk penyediaan angkutan umum massal yang terlambat (butir 2). Tetapi juga karena adanya faktor lain:

4. Ketidakpuasan akan angkutan umum yang ada (bukan hanya pengadaan yang terlambat), sebagai contoh:
  • banyak diantara angkutan umum plat kuning macam mikrolet atau bus mini yang suka berjalan zigzag serta terlalu ngebut sehingga tidak nyaman dinaiki, 
  • ngetem terlalu lama menunggu penumpang lain—saat berjalan pun tidak bisa cepat,
  • ketidak-amanan saat turun dari angkutan umum (sebelum dua kaki menginjak tanah, si sopir langsung cabut saja),
  • kebiasaan penumpang lain yang mengganggu, seperti merokok tidak pada tempatnya atau menggunakan parfum yang sangat menyengat,
  • serta adanya pelecehan yang kerap terjadi pada moda transportasi angkutan umum tersebut.
5. Sepeda motor sebagai benda juga mempunyai nilai ekonomis atau dianggap mempunyai nilai investasi, antara lain:
  • bisa diperjual-belikan saat membutuhkan uang atau malah digunakan sebagai kegiatan tukar-tambah untuk membeli tipe yang lebih tinggi (karena itu pula termasuk sering jadi sasaran pencurian),
  • bisa disewakan (di beberapa kota kita menjumpai rental sepeda motor),
  • bisa dipergunakan untuk jasa ojek (atau Go-jek) yang hingga saat ini masih menimbulkan polemik di masyarakat,
  • beberapa fakta juga menunjukkan bahwa ada bentukan komunitas di masyarakat yang menunjukkan sepeda motor unik dengan modifikasi tertentu juga mempunyai nilai nominal yang tinggi, macam vespa atau motor lain yang sudah langka di pasaran.
Masih dalam berkas yang sama, di dalamnya juga diuraikan bahwa 79% dari populasi sepeda motor di dunia berada di Asia. Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya sendiri melihat ini dari sisi standar kehidupan di berbagai benua; dimana dominasi kepemilikan kendaraan di negara maju juga didukung oleh standar pendapatan perkapita negara tersebut. Di Amerika Serikat, Eropa atau Australia dimana gaji karyawan perbulan pada bisa mencapai 25 juta meski bukan profesional; membeli mobil (bekas) pun bisa dengan mudah dilakukan dan cenderung akan menjadi pilihan, ketimbang membeli sepeda motor yang tidak bisa fleksibel dipakai. Sebagaimana kita tahu pada umumnya, ada jalur-jalur yang tidak bisa dimasuki oleh sepeda motor. Seperti jalan tol, jembatan layang, jalan-jalan utama protokol, jembatan di atas laut dan lain-lain. Selain itu kapasitas boncengan yang diizinkan hanya seorang dewasa mungkin menjadi pemikiran lain bagi mereka yang merupakan keluarga besar dengan jumlah lebih dari empat.

Populasi berlebih ini rasanya juga berbahaya bagi setiap pengemudi sepeda motor di jalanan, apalagi yang dalam pengoperasiannya memang lebih membutuhkan keseimbangan. Beberapa pesepeda motor nyatanya menjadi bahan pelototan sesamanya karena bersenggolan tubuh saat jarak kendaraannya terlampau dekat (belum lagi adanya kasus yang melibatkan emosi dan main hakim sendiri). Faktanya sih, memang sulit untuk berjalan lurus saat berkendara dengan sepeda motor dengan kecepatan rendah. Dan, kenyataan ini yang mungkin harus dipahami oleh kebanyakan pengendara di jalan. Termasuk Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya juga.